Mengenal Beragam Produk Andalan BPR

mengenal produk andalan BPR

Sebagai salah satu bank yang saat ini banyak diminati, BPR memiliki beberapa produk unggulan yang bisa dipilih oleh nasabah sesuai dengan kebutuhan mereka, mulai dari tabungan hingga pinjaman atau kredit. Keunggulan BPR inilah yang kemudian bisa membuatnya banyak diminati dan menjadi bank yang dipercaya oleh para nasabahnya.

Produk BPR

Berikut adalah beberapa produk yang selama ini menjadi andalan bagi BPR dalam beroperasi :

  • Tabungan BPR

Berbicara soal tabungan, ada yang menarik dari tabungan di BPR. BPR tidak mengenakan biaya administrasi kepada para nasabahnya, baik pada saat pembukaan rekening maupun penutupan rekening. Biaya setoran awal yang harus dibayarkan pun tergolong cukup murah, yaitu mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 100.000.

Selain itu, nasabah juga bisa mengambil dana tabungan tersebut kapanpun mereka mau, kecuali untuk tabungan berjangka. Untuk bunga tabungan, BPR akan mengenakan bunga mulai dari 2% hingga 6% per bulannya. 

  • Deposito BPR

Untuk produk deposito yang dimiliki oleh BPR relatif sama dengan yang ditawarkan oleh bank umum. Sebagai contohnya, bunga deposito yang ditawarkan oleh BPR rata-rata berada di angka 6% per tahunnya. Dan skema yang disediakan pun beragam, mulai dari 1,3,6, hingga 12 bulan. 

Selain itu, keunggulan BPR dari produk depositonya adalah adanya ketentuan bahwa nasabah bisa menarik dananya kapan saja mereka mau tanpa dikenakan penalti.

  • Kredit BPR

Kredit atau pinjaman merupakan salah satu produk unggulan dari BPR, dimana jenis kredit yang ditawarkan oleh BPR ini bisa dikatakan cukup beragam. Secara umum, kredit BPR yang ditawarkan adalah kredit usaha, kredit kepemilikan tanah, kredit kepemilikan rumah, dan juga kredit multiguna. Syarat yang dibutuhkan pada kredit BPR ini pun tidak jauh berbeda dengan persyaratan yang diberlakukan oleh bank umum.

Usaha Yang Dilakukan Oleh BPR

BPR sendiri bisa menghimpun dana masyarakat dalam bentuk simpanan dan tabungan serta deposito berjangka. Selain itu, BPR juga bisa memberikan kredit dan juga menyediakan pembiayaan bagi para nasabahnya dengan menerapkan prinsip bagi hasil.

Kemudian, jika BPR mengalami kelebihan likuiditas maka akan memungkinkan BPR untuk menempatkan dananya dalam bentuk SBI (Sertifikat Bank Indonesia), sertifikat deposito, deposito berjangka, atau bahkan tabungan pada bank lain.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa produk yang dimiliki oleh BPR dan juga usaha yang bisa dilakukan oleh BPR. Dengan beragamnya produk yang ditawarkan tersebut menjadi suatu keunggulan BPR dari bank umum. Anda juga tentunya bisa dengan bebas memilih produk BPR yang sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.