Multiroof Pasir Hingga Standing Steam, Ini 5 Genteng Kekinian untuk Hunian yang Lebih Modern

Ilustrasi atap rumah

Ada banyak cara untuk membuat hunian Anda terlihat lebih ciamik dan modern, salah satunya dari pemilihan atap bangunan. Atap tidak hanya berfungsi sebagai pelindung dari panas dan hujan, tapi juga meningkatkan nilai estetika sebuah bangunan. Seiring perkembangan jaman, makin banyak jenis atap yang ada di pasaran, mulai dari atap multiroof pasir, stainless steel, hingga standing steam. 

Jenis-Jenis Atap Rumah Multiroof

Bagi orang awam, memilih genteng jadi perkara rumit. Apalagi kalau Anda tidak mengetahui karakteristik masing-masing genteng. Agar lebih mudah dalam memilih atap yang sesuai dengan hunian Anda, simak pembahasan berikut ini sampai selesai.

  1. Multiroof Pasir

Jenis yang pertama adalah atap multiroof pasir yang sekilas terlihat seperti genteng biasa. Namun, jika dilihat seksama, multiroof ini punya tekstur berpasir pada permukaannya. Atap multiroof ini punya tingkat ketebalan yang bervariatif, sehingga bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, serbuk pasir pada permukaannya berfungsi sebagai penyerap panas.

  1. Multiroof Stainless Steel 

Selanjutnya ada multiroof stainless steel yang cocok untuk wilayah dengan cuaca ekstrem karena materialnya lebih kokoh dari genteng multiroof pasir. Kalau dibandingkan dengan jenis sebelumnya, multiroof stainless steel jauh lebih berat, sehingga membutuhkan rangka atap yang kuat. 

  1. Multiroof Galvalume Steel 

Multiroof yang satu ini kerap digunakan pada bangunan perkotaan, baik di hunian komersial maupun pribadi. Daya tarik atap multiroof pasir ini terletak pada tampilan metaliknya dengan varian warna yang beragam. Selain itu, atap yang terbuat dari material baja ringan ini punya efek lentur dan mudah dibentuk. Dari segi harga, multiroof galvalume steel juga relative lebih murah.

  1. Atap Metal Spandek 

Atap metal jenis ini punya tampilan seperti genteng tanah liat, tetapi dalam versi yang lebih modern. Permukaannya bergelombang dengan warna-warna yang membuat penampilan hunian lebih cantik. Genteng yang terbuat dari campuran alumunium dan seng ini punya bobot yang ringan. Dengan tampilannya yang modern, atap metal spandek cocok untuk hunian minimalis atau industri.

  1. Multiroof Standing Steam 

Atap multiroof standing steam juga cocok untuk hunian minimalis. Warnanya yang kelihatan mengkilap membuat eksterior bangunan lebih elegan dan cantik. Berbeda dari multiroof pasir, rangka atap standing steam dipasang menyatu dengan genteng sehingga lebih aman saat terjadi bencana.

Atap Multiroof yang Ramah Lingkungan 

Pada dasarnya, atap multiroof tidak hanya meningkatkan estetika sebuah bangunan, tapi juga lebih ramah lingkungan. Selain itu, harga yang relatif lebih murah dan daya tahan yang tinggi membuat multiroof banyak digunakan pada hunian modern. Kalau Anda tertarik menggunakan genteng atau atap multiroof pasir, pilihlah ketebalan yang paling cocok dengan hunian Anda dan budget yang dimiliki saat renovasi maupun bangun rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.