Mengenal Jenis Bahan Kalender Beserta Biaya Jasa Cetak Kalender

ilustrasi kalender

Kalender merupakan salah satu media promosi yang banyak diminati dan sudah terbukti pengaruhnya. Untuk mencetak kalender dalam jumlah yang banyak tentunya tidak bisa dilakukan sendiri, melainkan harus menggunakan jasa cetak kalender. Sebelum memutuskan untuk mencetak kalender dalam jumlah banyak, alangkah lebih baiknya jika Anda mengenal terlebih dahulu beberapa jenis bahan yang digunakan dalam jasa cetak kalender beserta dengan harga pembuatannya.

Jenis Bahan Cetak Kalender

Berikut adalah beberapa jenis bahan kalender yang sering digunakan oleh jasa cetak kalender :

  1. Kertas HVS

Kertas HVS merupakan bahan yang paling sederhana yang sering digunakan dalam percetakan kalender. Hal tersebut terjadi karena kertas ini memiliki bentuk yang sangat tipis dan juga daya serapnya terhadap tinta yang tidak terlalu baik.

Hal itulah kemudian kalender yang dibuat dengan bahan kertas HVS jarang menampilkan foto ataupun gambar yang berwarna di dalamnya, karena dikhawatirkan bahwa gambar tidak akan maksimal saat dicetak di atasnya.

  1. Kertas Art Paper

Kertas Art Paper merupakan kertas yang lebih bagus dalam segi penyerapan tinta dan juga memberikan penampilan yang menarik pada kalender jika dibandingkan dengan kertas HVS. Bentuk dari kertas art paper memanglah tipis, namun licin dan enak untuk dipegang.

Hal tersebut kemudian membuat kertas art paper menjadi salah satu pilihan utama bagi para pembeli karena bahan yang digunakan bagus dan berkualitas tinggi.

  1. Kertas Ivory

Kertas Ivory merupakan kertas dengan tekstur yang lebih kuat jika dibandingkan dengan kertas art paper, namun tidak terlalu baik pada penyerapan tintanya. Sehingga tak jarang jika kertas ini akan digunakan sebagai bahan pembuatan kalender yang mengutamakan segi keindahan dan keeleganannya.

Biaya Jasa Cetak Kalender

Untuk biaya dari jasa cetak kalender sendiri tentunya akan menyesuaikan dengan jenis bahan dan juga ukuran yang akan dicetak. Selain itu, jumlah kalender yang ingin dicetak juga akan mempengaruhi harga yang diberikan. Semakin banyak jumlah yang dicetak maka akan semakin murah pula harga yang ditawarkan.

Untuk kalender dinding pada umumnya ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 2.000 saja. Sedangkan untuk kalender duduk biasanya ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 5.000. Selain bergantung pada bahan dan ukuran, biaya jasa cetak kalender juga akan dipengaruhi oleh desain yang digunakan, semakin banyak warna yang digunakan dalam kalender maka kemungkinan harga yang diberikan juga akan semakin meningkat.

Itulah beberapa bahan kertas yang biasa digunakan untuk pembuatan kalender beserta dengan biaya jasa cetak kalender. Sebelum mencetak kalender, tentunya Anda harus menyesuaikan terlebih dahulu jenis kertas yang digunakan dengan kebutuhan mencetak kalender tersebut agar hasilnya sesuai.

Leave a Reply

Your email address will not be published.