Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Souvenir Seminar, Bisnis Modal Minim Hasil Menguntungkan

Ilustrasi Seminar yang sedang berlangsung

Dalam sebuah bisnis, wajar jika menemui hal-hal terkait kelebihan dan kekurangan dari sebuah bisnis yang ditekuni. Disamping kelebihan yang menguntungkan, pelaku usaha juga harus menghadapi kekurangan yang harus bisa mereka atasi. Dalam bisnis souvenir seminar sendiri ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang wajib untuk kalian ketahui. Berikut ini beberapa diantaranya.

Kelebihan bisnis souvenir seminar

Kelebihan adalah beberapa hal yang menguntungkan. Dalam hal bisnis, ini sama dengan nilai plus yang akan didapatkan saat memulai bisnis. Dalam bisnis souvenir seminar, berikut ini beberapa kelebihannya.
1. Minim modal
Modal adalah hal penting ketika menjalankan sebuah bisnis. Modal menjadi penyangga sebuah bisnis agar bisa terus berjalan dengan lancar. Modal setiap bisnis tentunya berbeda. Tergantung kepada jenis usaha yang akan ditekuni.
Dalam bisnis souvenir khususnya untuk kegiatan seminar, kalian tidak memerlukan uang atau modal yang banyak untuk memulainya. Minimnya modal untuk usaha ini mungkin menjadi salah satu faktor mengapa orang-orang menekuni bidang bisnis satu ini. 
2. Seminar adalah kegiatan yang banyak diselenggarakan
Kegiatan seminar adalah salah satu kegiatan yang sering diadakan, baik oleh suatu perusahaan maupun lembaga atau komunitas tertentu. Kegiatan seminar ini diadakan dengan tujuan-tujuan tertentu. 
Dengan frekuensi penyelenggaraanya yang cukup sering inilah menjadi kelebihan dari bisnis souvenir seminar ini. Apalagi jika seminar tersebut diadakan oleh perusahaan yang memang terkenal dan pastinya mengundang banyak orang, kalian bisa mendapatkan keuntungan karena jumlah pemesanan akan tinggi. 
3. Tingkat persaingan cenderung rendah
Kelebihan selanjutnya adalah tingkat persaingan yang cenderung rendah. Hal ini terjadi lantaran dalam bisnis souvenir harus memerlukan sumber daya manusia (SDM) yang mahir dan terampil dibidangnya. Kebanyakan orang yang ingin terjun ke bisnis ini kesulitan dalam mencari SDM yang ahli dalam menciptakan produk souvenir yang menarik. Karena itu, kalian tidak akan menemukan banyak kompetitor untuk bisnis satu ini. Namun yang akan menjadi PR, kalian harus bisa mencari SDM yang memang benar-benar ahli untuk bidang ini. Sehingga bisnis bisa berjalan dengan sebagaimana mestinya.

Kekurangan bisnis souvenir seminar
Kekurangan adalah hal yang bisa membahayakan dalam dunia bisnis. Kekurangan tersebut bisa menjadi ancaman bagi sebuah bisnis karena jika tidak diatasi dengan baik bisa menyebabkan terganggunya jalan dalam bisnis. Berikut ini beberapa kekurangan dari bisnis souvenir untuk kegiatan seminar. 
1. SDM terbatas di bidangnya
Kekurangan pertama terletak pada jumlah sumber daya manusia (SDM) yang terbatas pada bidang pembuatan souvenir. Keterbatasan SDM inilah yang menjadi ancaman untuk pelaku bisnis atau usaha souvenir karena mereka harus memutar otak untuk benar-benar bisa mencari SDM dengan jumlah banyak untuk dijadikan pegawai.
2. Keterampilan lebih yang harus dimiliki
Tentunya pembuatan souvenir harus memerlukan keahlian dan keterampilan dalam pembuatannya. Hal ini menjadi kelemahan untuk bisnis ini karena tidak semua orang memiliki kemampuan pada bidang ini. 

Nah, diatas adalah penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan pada bisnis souvenir seminar. Untuk kalian yang akan terjun ke dunia bisnis dibidang ini, jangan jadikan kekurangan bisnis ini sebagai alasan kalian mengurungkan niat untuk memulainya. Semua bisnis akan berjalan dengan baik dan lancar jika dikendalikan dengan tepat. Tidak ada bisnis yang sepenuhnya soal keuntungan. Kadangkala bisnis membawa kerugian. Itulah bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.