Cara Melakukan Proses Pembayaran Cicilan Mobil Baru

Pada saat kita membeli suatu kendaraan misalnya mobil, kita pasti akan melakukan pembayaran. Pembayaran yang dilakukan yakni bisa dengan cash ataupun dengan cicilan. Proses pembayaran cicilan mobil baru perlu kita pelajari sebelum kita membeli sebuah mobil. Berikut ini adalah penjelasan proses pembayaran cicilan mobil baru.

Proses Pembayaran Cicilan Mobil Baru

  1. Pilih mobil sesuai dengan kebutuhan

Dalam membeli mobil tidak hanya didasarkan pada gaya dan gengsi semata. Akan tetapi, kita juga harus menyesuaikannya dengan kebutuhan, seperti membeli mobil berdasarkan ukuran yang akan digunakan untuk berjualan buah. Jika kita masih belum berkeluarga pilihlah mobil berukuran kecil dan sebaliknya pilih ukuran mobil sedang atau besar jika kita sudah berkeluarga.

Pemilihan mobil juga dapat disesuaikan dengan budget atau faktor X lainnya, intinya yaitu disesuaikan dengan kebutuhan kita masing-masing. Untuk mengetahui jenis mobil yang dibutuhkan kita dapat memilih mobil secara langsung dengan mendatangi showroom atau hanya sekedar mencari informasinya melalui internet.

  1. Mendatangi dealer

Mendatangi dealer mobil kita akan mendapatkan nilai plus. Dimana kita dapat berkonsultasi secara langsung dengan pihak dealer pada saat memilih mobil. Agar mendapatkan mobil yang sesuai dengan kebutuhan, alangkah lebih baiknya kita terbuka dengan pihak dealer tentang kondisi kita pada saat itu seperti anggaran keuangan serta jenis mobil yang akan dibeli.

  1. Mengajukan permohonan kredit

Jika proses pemilihan mobil sudah selesai dilakukan dan sudah mendapatkan jenis mobil yang dibutuhkan. Langkah berikutnya yakni segera ajukan permohonan kredit ke pihak bank atau lembaga pembiayaan yang mengurusi hal tersebut. Caranya yakni dengan melengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan, agar pihak bank dapat memproses permohonan yang kita ajukan untuk melakukan cicilan mobil baru dengan dealer. Setelah dokumen-dokumen diserahkan, pihak bank akan melakukan survey dan pengecekan pada calon nasabahnya. Proses pengecekan data ini biasanya memerlukan waktu 3 hari sampai 5 hari kerja. Lalu kita akan dihubungi oleh pihak bank untuk melakukan pembayaran uang muka atau DP jika pengajuan disetujui.

  1. Menunggu proses pengiriman mobil

Pembayaran uang muka atau DP beserta dengan biaya administrasi yang lainnya sudah dilakukan. Selanjutnya pihak dealer akan mengirimkan mobil ke alamat kita, dimana pengiriman biasanya memakan waktu 3 hari hingga 4 hari kerja. Sedangkan untuk kelengkapan surat kendaraan biasanya akan dikirim pihak dealer dalam kurun waktu 2 minggu setelah mobil terima.

Syarat-syarat kredit mobil baru

Untuk melakukan kredit atau cicilan mobil baru kita harus memperhatikan syarat-syarat yang sudah ditentukan. Syarat cicilan cicilan mobil baru yakni berstatus sebagai Warga Negara Indonesia atau WNI, berusia minimal 21 tahun, dan memiliki penghasilan tetap setiap bulannya. Untuk persyaratan ketiga tidak berlaku untuk pekerja freelancer karena tidak memiliki penghasilan tetap setiap bulannya.

Simulasi cicilan mobil baru

Terakhir kita akan memberikan simulasi cicilan mobil baru. Berikut ini simulasinya.

Contoh simulasi cicilan yang dapat kita lakukan seperti ini:

a. Plafon pinjaman = Rp. 200.000.000,00 – Rp. 60.000.000,00 = Rp. 140.000.000,00

b. Angsuran pokok setiap bulan = Rp. 140.000.000,00 / 60 = Rp. 2.333.333,00

c. Angsuran bunga setiap bulan = (Rp. 140.000.000,00 x 4.8%) / 12 = Rp. 560.000,00

d. Jumlah cicilan setiap bulan = Rp. 2.333.333,00 + Rp. 560.000,00 = Rp. 2.863.333,00

Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk kita semua. Sampai jumpa di pembahasan yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.