Jenis – jenis Panel Genset Beserta Fungsi yang Dimilikinya

ilustrasi jual panel sinkron genset

Jual panel sinkron genset – Jenis panel genset yang dipakai untuk menunjang sistem kerja pada genset, hal ini umumnya untuk lebih dalam mengoperasikannya, biasanya pada panel memiliki beberapa indikator yang akan menunjukan lebih detail apa saja yang bekerja dalam genset tersebut. Berikut ini adalah beberapa panel sering dipakai dalam genset :

Automatic Main Failure ( AMF )

AMF atau automatic Main Failure adalah sebuah rangkaian elektrikal yang ada panel dengan kinerja otomatis untuk mematikan atau menghidupkan genset dengan cara otomatis tanpa harus dihidupkan oleh manusia.

Prinsip utamanya adalah di saat  listrik PLN padam, maka panel AMF akan langsung menyalakan genset dengan otomatis dan mengalirkan listrik, sebaliknya jika listrik PLN menyala secara otomatis panel AMF akan mematikan genset tersebut.

Automatic Transfer Switch ( ATS )

ATS ini adalah kepanjangan dari Automatic Transfer Switch yaitu rangkaian elektrikal pada listrik yang mempunyai fungsi sebagai saklar otomatis ketika adanya pemadaman arus listrik yang sifatnya terencana dan mendadak, otomatis pada panel ini akan bisa bekerja sendiri untuk memindahkan pengambilan dari sumber listrik dari sumber yang lain umumnya memakai mesin genset.Kerja panel ATS ini juga sebaliknya pada saat daya listrik dari PLN sudah menyala maka otomatis genset akan mati sendiri dan  sumber listrik PLN yang akan dipakai kembali.

Panel PKG

Panel PKG ini hampir sama fungsinya dengan panel generator AC dan DC, bedanya panel PKG dipisahkan dengan sebuah unit generator sedangkan bila panel DC dan AC terpasang dengan unit gensetnya. Fungsinya untuk mengoperasikan generator yang meliputi mulai, berhenti, berjalan,berhenti darurat dan dilengkapi dengan perlindungan dan juga monitor yang baik, proteksi dan pemantauan pada mesin diesel atau alternator (generator). Sekarang ini panel PKG sudah banyak Memakai modul dengan fungsi sebagai AMF(Automatic Main Failure).

PANEL SINKRONISASI

Jual panel sinkron genset difungsikan untuk mensinkronisasikan kinerja dari 2 genset maupun lebih unit Genset. Panel Sinkronisasi digunakan apabila beban yang bervariasi dan juga cukup besar serta penggunaan genset terus menerus. Jika beban bervariasi cukup besar dari waktu ke waktu, akan sangat boros untuk menggunakan satu genset. Misalkan,beban bervariasi dari 300 kVA – 1.000 kVA, akan lebih efisien untuk menggunakan 2 x 500 kVA, jika dibanding memakai 1 x 1.000 kVA.

Jika memakai 2 x 500 kVA yang disinkronisasi, bila beban masih ada di bawah 500 kVA, maka hanya satu genset yang menyala. Jika beban berada di 750 kVA, maka beban akan dibagi secara seimbang 375 kVA / unit dengan dua Genset yang menyala.

Inilah penjelasan dan juga informasi terkait dengan panel yang bisa digunakan untuk mengoperasikan genset. Setiap jual panel sinkron genset mempunyai fungsi yang berbeda. Adanya panel diharapkan kinerja dari genset semakin baik dan stabil serta lebih mudah untuk digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.