Cast Iron Griddle, Electric Griddle Atau Griddle Pans Yang Sesuai Dengan Kebutuhan?

ilustrasi griddle

Tahukah Anda ada berapa banyak jenis griddle yang dijual di pasaran? Alat memasak multifungsi yang lebih sering Anda jumpai di restoran ini ternyata terdiri dari 3 jenis, mungkin jika dilihat sekilas Anda akan mengira setiap griddle yang di restoran memiliki jenis sama, padahal tiap mesin jual electric griddle jenisnya berbeda-beda.

Cast Iron Griddle

Jenis dari cast iron griddles ini menjadi griddle yang paling sering digunakan di restoran-restoran, memiliki desain yang compact serta minimalis, apa yang menjadi kelebihan dari cast iron griddle dibanding jenis griddle lainnya? 

Selain desainnya yang minimalis pada bagian permukaan cast iron griddle digunakan bahan stainless steel, sehingga panas dari api dapat dihantarkan dengan baik ke permukaan panggangan tersebut selama proses memasak, tidak perlu khawatir karena logam yang digunakan pada cast iron griddle ini sudah aman bagi kesehatan, cast iron griddle lebih awet digunakan dalam jangka waktu lama dengan catatan harus dirawat dengan benar.

Meskipun menawarkan beberapa kelebihan namun cast iron griddle juga tidak luput dari kekurangan, cast iron griddle memiliki bobot yang lebih berat jika dibandingkan dengan griddle jenis lain, selain itu makanan bisa menempel pada permukaan plat jika makanan kurang diolesi minyak selama proses memasak, cast iron griddle juga kurang awet jika digunakan pada suhu yang terlalu tinggi.

Electric Griddle

Sesuai dengan namanya jenis griddle yang satu ini menggunakan listrik sebagai penghasil panasnya, Anda akan menemukan jual electric griddle dengan bentuk compact serta memiliki permukaan yang luas, yang menjadi kelebihan dari electric griddle adalah panas yang dihasilkan lebih merata, selain itu electric griddle memiliki pengaturan suhu yang memudahkan Anda dalam mengatur suhu sesuai dengan kebutuhan.

Perhatikan juga kekurangan yang ada pada electric griddle dimana kabel listrik bawaannya cukup pendek sehingga menyulitkan dalam menjangkau sumber listrik, Anda harus lebih berhati-hati saat menggunakan electric griddle agar terhindar dari resiko konsleting listrik.

Griddle Pans

Terbuat dari bahan anti lengket meski kebanyakan dari jenis ini terbuat dari plat besi, kelebihan yang bisa Anda temukan dari griddle pans yaitu hasil panas pada permukaannya tersebar secara merata, hasil panas tersebut dapat terjadi berkat proses anodize dari permukaan plat alumunium, proses pembersihannya juga cukup mudah karena Anda dapat membersihkannya menggunakan dishwasher.

Sama seperti jenis griddle lain griddle pans juga memiliki kekurangan, hanya saja kekurangan yang terdapat pada griddle pans ini hanya satu yaitu bahan metal pada permukaan akan melengkung saat mengalami pemanasan yang berlebih.

Semoga beberapa informasi mengenai jenis griddle di atas dapat menjadi bahan pertimbangan sebelum Anda membeli griddle, pastikan Anda membeli griddle di tempat jual electric griddle yang terjamin dan terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.