Beberapa Keunggulan pada Genset Silent

genset silent

Genset adalah sebuah singkatan dari kalimat generator set. Generator set adalah sebuah mesin atau sejenis perangkat yang digunakan untuk pembangkit listrik melalui mesin penggerak yang dirakit menjadi suatu kesatuan. Genset silent ini berguna untuk menghasilkan suatu tenaga listrik dengan besaran tenaga tertentu.

Generator set atau genset ini bekerja melalui pembakaran internal dengan bahan bakar solar atau bensin. Secara sederhana generator adalah alat penghasil listrik. Cara kerja genset yaitu dengan mengubah energi gerak kinetik menjadi energi listrik.

Untuk pertama kali genset dikenalkan oleh Michael Faraday pada tahun 1831. Namun pada awal ditemukannya genset masih berbentuk huruf ā€œUā€ kemudian dirangkai dengan menggunakan bahan dasar kawat. Sehingga pada saat itu genset dinamai dengan istilah generator Cakram Faraday.

Berdasarkan jenis arus listrik yang dihasilkan oleh generator set, generator listrik dibedakan menjadi 2 (dua) jenis yaitu generator listrik alternator dan generator listrik dinamo.

Apa itu Genset Silent

Genset silent adalah genset yang diproduksi secara lengkap dengan menggunakan canopy. Canopy adalah suatu jenis desain genset yang diproduksi menggunakan konstruksi knock down serta dilengkapi pula dengan pintu. Sehingga dengan adanya pintu tersebut dapat mempermudah akses dalam menggunakannya serta dalam perawatannya.

Sesuai dengan namanya genset silent dapat dinyalakan tanpa harus mendengar suaranya. Hal ini karena dalam genset silent terdapat keunggulan peredam suara. Sehingga apabila anda takut kebisingan dalam menggunakan genset maka anda dapat membeli genset silent.

Canopy genset memiliki kegunaan yaitu untuk melindungi engine dari panas serta hujan. Selain itu canopy juga dapat menjaga mediator genset agar tetap terlindungi. Canopy pada genset silent terbuat dari bahan plat besi serta dilapisi pula dengan busa peredam.

Berbeda dengan jenis genset lainnya, genset silent memiliki harga yang tergolong mahal jika dibandingkan dengan jenis genset lainnya. Harga yang harus dibayarkan tentu saja sesuai dengan kualitas dan keunggulan mesin genset tersebut.

Kelebihan dan keunggulan mesin genset silent

Meski dengan harga yang tergolong mahal namun genset dengan jenis silent ini memiliki banyak keunggulan dan kelebihan. Berikut adalah keuntungan yang dirasakan pada genset silent :

Dapat meredam suara

Suara pada mesin genset menjadi salah satu hal yang mengganggu kenyamanan bagi orang disekitar. Sehingga hal tersebut menjadi salah satu pertimbangan besar ketika akan membeli genset maupun menyalakannya.

Namun hal tersebut tidak akan anda temui pada genset silent, sebab pada genset ini dilengkapi box yang terbuat dari besi tebal sehingga ketika akan menyalakan genset silent tidak akan mengeluarkan suara.

Tahan terhadap cuaca

Dengan dilengkapi box maka genset silent juga akan terhindar dari hujan maupun sinar matahari, yang dipercaya dapat merusak ketahanan genset.

Perawatan yang sederhana

Kelengkapan alat yang digunakan menjadikan proses perawatan mesin genset silent juga lebih mudah. Begitu juga dengan box yang telah dilengkapi pintu sehingga memudahkan akses perawatannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.