Sebelum Anda Hamil Mari Mengenal Lebih Jauh Sebelum Melakukan Pemeriksaan Tuba Falopi

ovary

Ada baiknya sebelum melakukan pemeriksaan tuba falopi, anda mengenalnya lebih jauh lagi. Sistem reproduksi ini adalah bagian yang memiliki peran penting di dalam melakukan proses pembuahan dan menstruasi. Umumnya sebagian perempuan punya penyakit ataupun di dalam keadaan tertentu yang mana menyebabkan tuba falopi mereka mengalami sebuah penyumbatan.

Mengenal Lebih Jauh Tuba Falopi

Akibat dari penyumbatan tersebut, mereka akan mengalami gangguan pada alat ini sehingga membuat mereka akan sulit hamil. Alat reproduksi ini memiliki kisaran panjang sekitar 10 – 14 cm dengan diameter kurang lebih 1 cm yang mana akan menghubungkan antara ovarium dengan rahim perempuan.

Tuba falopi sendiri memiliki fungsi untuk tempat berjalannya sel telur perempuan, sel telur ini nantinya akan berjalan dari ovarium ke rahim ketika perempuan sedang mengalami ovulasi. Juga salah satu fungsinya sebagai tempat bertemunya antara sel telur dan sperma untuk menghasilkan proses pembuahan.

Yang Anda Harus Lakukan Ketika Terjadi Masalah Pada Alat Ini

Jika sampai ini tersumbat maka perjalanan sel telur kepada rahim tentu akan mengalami masalah sehingga bisa – bisa seorang perempuan mengalami kemandulan. Pada kondisi tertentu akibat penyumbatan tertentu seorang perempuan akan mengalami beberapa gejala yakni dimulai dari nyeri perut pada bagian bawah, gejala keputihan yang berlebihan.

Biasanya penyumbatan tersebut diakibatkan oleh beberapa faktor yaitu karena keguguran, kehamilan etopik, akibat menggunakan alat kontrasepsi di dalam rahim. Maka diperlukan pemeriksaan tuba falopi lebih lanjut dengan melalui metode USG, HSG, dan melakukan pemeriksaan endoskopi.

Setelah anda telah mengetahui penyebabnya, biasanya dokter yang memeriksa anda akan memberi obat dan metode pengobatan sesuai dengan gangguan pada alat reproduksi itu. Jika kondisinya sudah mengkhawatirkan, maka akan dilakukan dengan cara operasi.

Namun anda sebagai perempuan jangan pernah takut jika mengalami penyumbatan yang demikian. Anda bisa melakukan metode bayi tabung jika menginginkan seorang momongan, dengan syarat kualitas ovarium serta sel telur dan juga sperma pasangan anda dalam kondisi yang sehat.

Jadi langkah awal yang harus anda lakukan jika mengalami gejala – gejala yang tadi adalah melakukan pemeriksaan tuba falopi di rumah sakit terdekat yang menyediakan metode pemeriksaan seperti yang sudah tadi sebutkan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.