Cara Menghitung Simulasi Kredit Mobil Baru Secara Tepat

simulasi cicilan kredit mobil

Satu hal yang pasti, ketika Anda ingin mengajukan kredit mobil, baik itu untuk mobil baru atau bekas. Pastikan sistem simulasi cicilan kredit mobil yang akan diajukan kelak, tidak akan memberi beban tambahan bagi keuangan keluarga Anda.  

  1. Cari tahu tentang besaran uang muka

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan ketika akan mengajukan kredit mobil adalah besaran uang muka. Umumnya besaran uang muka tersebut sudah ditetapkan oleh pihak leasing atau bank yang akan memberikan kredit tersebut.

Namun umumnya, jumlah minimal besaran uang muka yang diberikan oleh pihak penyedia jasa adalah 20%. Adapun rumus perhitungan yang dapat Anda perhatikan yaitu :

Uang muka / DP = 20% x total harga mobil

Jadi ketika total harga mobil 140 jutaan rupiah, maka 20% x 140 juta = Rp 28 juta rupiah.

  1. Perhatikan jumlah pokok kredit

Dalam melakukan kredit mobil baru atau bekas, Anda juga perlu memperhatikan jumlah pokok kredit yang harus dibayar. Adapun rumus yang dapat Anda gunakan kali ini adalah :

Pokok kredit = total harga mobil – uang muka

Jadi jika total harga mobil 140 jutaan rupiah, dan uang muka sekitar 28 jutaan rupiah maka, Rp 140 juta – Rp 28 juta = Rp 112 juta.  

  1. Perhatikan jumlah bunga kredit

Apabila Anda sudah menemukan pokok kredit, berikutnya adalah menghitung besaran tarif bunga yang perlu Anda bayar. Biasanya tarif bunga seperti ini akan muncul secara langsung di simulasi kredit mobil. Namun jika Anda ingin menghitung secara manual, maka :

Tarif bunga = pokok kredit x tarif bunga sesuai persentase

Adapun besaran bunga tersebut biasanya sudah ditentukan sebelumnya. Dimana hal tersebut,akan disesuaikan dengan jangka waktu atau tenor kredit yang sudah disepakati oleh pihak leasing.

  1. Perhatikan jumlah cicilan

Untuk menghitung jumlah cicilan disini sangat mudah, karena sebelumnya Anda sudah memperoleh besaran bunga kredit dan juga lama tenor yang akan dipilih. Jadi cara menghitungnya adalah pokok kredit + tarif bunga : tenor / jangka waktu kredit.   

  1. Perhatikan biaya administrasi dan biaya asuransi  

Jangan lupa untuk mengecek dan mencari tahu biaya administrasi serta biaya asuransi yang harus Anda bayar. Untuk hal seperti ini, Anda perlu mencari informasinya melalui pihak leasing yang akan Anda pilih.

Jadi dengan adanya ulasan kali ini, Anda jadi tidak terlalu bingung lagi tentang berapa biaya kredit mobil baru yang harus Anda keluarkan kelak. Hal ini penting, agar Anda mampu menghitung biaya kredit, agar tidak terlalu membebankan keuangan keluarga nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.