Catat, Trik Memilih Rangka Baja Terbaik Untuk Atap Rumah

Ilustrasi rangka atap baja

Atap menggunakan rangka baja memang menjadi hal yang baru dalam proses pembangunan rumah. Karena cara ini dianggap sangat bagus dan mengungguli penggunaan atap kayu dan baja konvensional lainnya. Kelebihan dari rangka baja terbaik ini adalah karena sangat ringan dan lebih mudah dipasangkan. 

Namun, jangan pernah salah dalam memilih rangka baja terbaik karena salah dalam memilih akan menyebabkan bangunan tidak bisa tahan lama, terutama atap rumah. Berikut ada beberapa trik memilih rangka baja terbaik untuk atap rumah diantaranya:

Sesuaikan Rangka Baja dengan Jenis Atap

Menggunakan baja ringan untuk Atap memiliki kelebihan bisa disesuaikan dengan beberapa jenis atap apapun. Dan selain itu, material baja ringan juga tidak terlalu berat sehingga akan lebih memudahkan ketika proses pemasangan. Walaupun demikian, jangan pernah asal saat memilih pins. Pastikan Anda tetap memilih ukuran yang sesuai dengan ketebalan dari baja ringan dengan beban yang akan dipasang di area atasnya. 

Pastikan juga untuk membuat jarak yang cukup rapat ketika akan dipasangkan. Dan secara umum biasanya jarak kerenggangan yang paling pas adalah 150 cm. dengan ukuran ini maka baja bisa menopang atap dengan jauh lebih kuat. 

Sesuaikan rangka baja dengan jenis penutup

Selain menyesuaikan rangka baja terbaik dengan atap, Anda juga harus mempertimbangkan juga bahan penutup dari atapnya. Pasalnya jenis penutup atap bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan. Namun tidak semua konstruksi material menggunakan penutup dengan bahan logam. 

Anda bisa menggunakan atap rumah dengan bahan genteng, keramik, asbes, kacan dan juga beton. Namun jika penutup memiliki bobot yang berat, maka Anda harus menggunakan rangka baja yang bagus dengan kekuatan yang tinggi. 

Pertimbangkan Kualitas Rangka baja

Sebagian besar orang belum banyak yang memahami standar kualitas material rangka baja terbaik seperti apa yang bagus. Pasalnya ada banyak sekali jenis baja yang tersedia di pasaran. Dan salah satu yang kualitas dari rangka baja yang bagus untuk atap dan secara umum digunakan adalah yang memiliki kekuatan data tarikan sekitar 550 Mpa. 

Pasalnya, kekuatan barai baja tentu saja akan berpengaruh dari nilai tegangan. Karena jika nilai tegangan tarikannya kecil maka baja ringan memiliki tarikan yang rendah. Selain nilai dari kekuatan sangat penting dalam mengetahui kualitas baja ringan. Nah, jika baja ringan memiliki material yang bagus, maka baja tersebut sudah memiliki uji kualitas yang juga sangat baik.

Dan harus diperhatikan juga, pastikan untuk memilih kualitas baja ringan dengan lapisan anti karat. Jenis yang paling bagus adalah galvalum karena sangat tahan terhadap karat. 

Sistem Penguat

Satu hal yang tak kalah penting ketika Anda memilih rangka baja terbaik untuk atap adalah Anda harus memilih material yang kuat dan kokoh. Walaupun material ini memang sangat fleksibel dan kokoh namun harus mempertimbangkan beberapa kemungkinan yang akan terjadi. Bisa saja baja ringan akan melengkung. Untuk out, pastikan jumlah dari tiang penyangga yang digunakan juga harus menjadi bahan pertimbangkan. Sebagai salah satu cara untuk meminimalisir resiko kerusakan dan ambruk. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.